On 07.54.00 by accura in ,    No comments
 Hari Peringatan Kaum Pekerja

 
May Day


Tanggal 1 Mei merupakan Hari peringatan buruh sedunia atau lebih dikenal dengan May Day. Awal sejarah dijadikan hari peringatan buruh sedunia sekitar abad ke 19 terjadi peristiwa Haymarket riot di Chicago, Amerika Serikat. Dimana saat demonstrasi berkumpulnya para buruh di Haymarket atas intruksi partai sosialis komunis yang memperjuangkan hak-hak para buruh saat revolusi industry ketika itu.

Acara demo yang semula berjalan damai menjadi malapetaka. Diawali dengan pelemparan dinamit oleh orang yang tidak dikenal ke arah kerumunan para Polisi yang sedang mengamankan aksi, seketika itu orang mulai berhamburan menyelamatkan diri. Peristiwa itu dipicu atas tewasnya salah satu buruh beberapa hari sebelumnya akibat ulah oknum Polisi. Setelah diselidiki ditangkap delapan orang tersangka dan dihukum karena terbukti konspirasi.

Saat semua diadili tidak ada satupun yang mengaku membuat dan melemparkan bom tersebut, sehingga diputuskan tujuh orang di hukum gantung dan setelah dipertimbangkan satu di hukum lima belas tahun penjara. Untuk mengenang peristiwa tersebut maka di jadikan hari buruh sedunia.

0 komentar:

Posting Komentar